Efektivitas Penggunaan Internet dalam Proses Belajar Mengajar

               Perkembangan teknologi yang pesat,  memberi keuntungan bagi masyarakat. Salah satunya internet yang semakin dikenal luas. Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan banyak anak sekolah yang gemar  menggunakan internet.  Internet dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Sehingga tidak heran jika Indonesia, merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak.  Salah satu kegunaan internet yakni dalam proses belajar mengajar.

                Proses belajar mengajar tidak terlepas dari kita. Saat kita mendapat ilmu dari proses belajar, ada baiknya jika kita mengamalkan ilmu tersebut dalam bentuk pengajaran ataupun pelatihan.  Namun, proses belajar mengajar tidak dapat sepenuhnya dilakukan secara manual. Ada beberapa kendala yang dapat menghambat proses tersebut.  Contoh beberapa kendalanya adalah waktu dan tempat.

                Maka dari itu, internet berperan penting dalam proses belajar mengajar. Misalnya, kita dapat menuangkan ilmu kita dalam bentuk file pembelajaran dalam format apapun. Selanjutnya kita sharing file pembelajaran tersebut di berbagai media online seperti slide share, youtube, email, e-learning, dll. Selain itu, kita juga dapat belajar melalui internet seperti join dalam situs belajar online atau bertukar ilmu dengan pengguna internet lainnya. Sehingga internet dapat dikatakan media belajar mengajar yang efektif karena dapat diakses dimanapun dan kapan saja.

Komentar