CONTOH MAKALAH INTERPERSONAL SKILL

TUGAS MAKALAH
PENGANTAR PENTINGNYA
INTERPERSONAL SKILL




Disusun Oleh :
Annisa Rachmalia
13.01.53.0099
Teknik Informatika








DAFTAR ISI

Daftar isi……………………………………………………………………… 2
Isi
Konsep Interpersonal Skill...………………………………….….....................3
Cara Meningkatkan Interpersonal Skill..............................................................3
Manfaat Interpersonal Skill................................................................................3
Kesimpulan…………………………………………………………….............4
Daftar Pustaka……………………………………………………………........ 5



KONSEP INTERPERSONAL SKILL
Keterampilan interpersonal adalah ketrampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Ketrampilan interpersonal mencakup bagaimana diri kita mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon masnusia atau orang lain.
Untuk membangun hubungan dengan orang lain, terlebih dahulu kita harus menguasai kemampuan dan ketrampilan dalam mengenal diri sendiri secara jelas, bagaimana merespon, menyampaikan pesan dan maksud, bernegosiasi dan menyelesaikan konflik, berperan dalam tim, dan banyak lagi.

Kita juga dapat mengukur dan melakukan penilaian mengenai interpersonal skillnya. Untuk melakukan penilaian tentang kemampuan interpersonal, kita dapat melakukannya sendiri (self assessment) atau dapat meminta orang lain untuk menilai berdasarkan persepsi mereka tentang kemampuan interpersonal kita. 
Namun demikian, apapun penilaian orang, kita dapat menggunakan bahan ini untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan interpersonal kita. 

CARA MENINGKATKAN INTERPERSONAL SKILL
Ada cara untuk meningkatkan kemampuan interpersonal skill, yaitu:
1.      Mengatasi persepsi negative karena hal ini dapat membantu kita untuk berpikir dahulu sebelum menyertakan emosi.
2.      Menerima pesan dengan baik dengan cara mendengarkan.
3.      Menekan ego pribadi, dengan cara ini kita dapat memahami orang lain yang berbeda pendapat dengan kita dan kita tidak boleh memaksakan kehendak.
4.      Perbanyak belajar karena pengetahuan mempunyai peran penting dalam komunikasi dan juga membangun hubungan.
5.      Memperhatikan bahasa non-verbal. Bahasa merupakan alat yang penting dalam komunikasi. Sering terjadi kesalahan akibat kesalahpahaman dari bahasa yang kita gunakan. Karena itu kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan bahasa.
6.      Memperbanyak bertemu dengan orang-orang baru akan melatih dan mengembangkan interpersonal skill.



MANFAAT INTERPERSONAL SKILL
Penting sekali untuk kita mengembangkan interpersonal skill karena interpersonal skill dapat terlihat dari bagaimana kita berkomunikasi, memotivasi, memimpin, bernegosiasi, dan berprestasi dan juga interpersonal skill dalam diri manajer mempengaruhi kinerja anggota organisasinya. Utamanya interpersonal skill dimiliki seseorang untuk memimpin organisasinya mendapatkan kesuksesan dan keuntungan. Namun ada juga manfaat lain dari interpersonal skill, seperti:
1.      Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi.
2.      Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerja sama dalam tim .
3.      Interpersonal skill bukan merupakan bagian dari karakter kepribadian yang bersifat bawaan, tetapi merupakan keterampilan yang dapat dipelajari.
4.      Interpersonal skill yang baik dapat dibangun dari kemampuan mengembangkan perilaku dan komunikasi yang asertif (secara aktif menyatakan gagasan) dan efektif.
5.      Mempunyai kesadaran bertanggung jawab yang lebih besar untuk memperbaiki diri.

Di dunia kerja, mengembangkan interpersonal skill sangat penting dalam membina hubungan antar atasan dengan atasan ataupun atasan dengan bawahan karena baik secara langsung maupun tidak langsung kemampuan manajer sangat mempengaruhi produktivitas anggotanya. Seorang manajer dituntut untuk memiliki skill ini untuk membimbing anggota organisasi, tidak hanya untuk membimbing namun juga mengendalikan dan menjadi penengah jikalau terjadi konflik dalam organisasi. Kunci utama suksesnya organisasi dalam mencapai tujuan salah satunya harus mempunyai manajer yang berkompeten dan cakap dalam memimpin.. Tanpa adanya interpersonal skill manajer tidak dapat memimpin anggota organisasinya dan akan terjadi perselisihan terus menerus yang akan mengakibatkan hancurnya organisasi.








KESIMPULAN
Keterampilan interpersonal adalah ketrampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Cara meningkatkan interpersonal skill kita dengan mengatasi persepsi negative, menerima pesan dengan baik dengan cara mendengarkan, menekan ego pribadi, meningkatkan knowledge, memperhatikan juga bahasa non-verbal, memperbanyak bertemu dengan orang-orang baru, menghindari judgement, open minded, empati, dan mengadapi konflik.

DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Posting Komentar