TUGAS MAKALAH
PENGANTAR PENTINGNYA
INTERPERSONAL SKILL
Disusun Oleh :
Annisa Rachmalia
13.01.53.0099
Teknik Informatika
DAFTAR ISI
Daftar isi……………………………………………………………………… 2
Isi
Konsep Interpersonal Skill...………………………………….….....................3
Cara Meningkatkan Interpersonal Skill..............................................................3
Manfaat Interpersonal
Skill................................................................................3
Kesimpulan…………………………………………………………….............4
Daftar Pustaka……………………………………………………………........ 5
KONSEP
INTERPERSONAL SKILL
Keterampilan
interpersonal adalah ketrampilan untuk mengenali dan merespon secara layak
perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Ketrampilan
interpersonal mencakup bagaimana diri kita mampu membangun hubungan yang
harmonis dengan memahami dan merespon masnusia atau orang lain.
Untuk membangun
hubungan dengan orang lain, terlebih dahulu kita harus menguasai kemampuan dan
ketrampilan dalam mengenal diri sendiri secara jelas, bagaimana merespon,
menyampaikan pesan dan maksud, bernegosiasi dan menyelesaikan konflik, berperan
dalam tim, dan banyak lagi.
Kita juga dapat mengukur dan melakukan
penilaian mengenai interpersonal skillnya. Untuk melakukan penilaian tentang
kemampuan interpersonal, kita dapat melakukannya sendiri (self assessment) atau
dapat meminta orang lain untuk menilai berdasarkan persepsi mereka tentang
kemampuan interpersonal kita.
Namun demikian, apapun penilaian orang,
kita dapat menggunakan bahan ini untuk memperbaiki dan meningkatkan
keterampilan interpersonal kita.
CARA MENINGKATKAN INTERPERSONAL SKILL
Ada cara untuk meningkatkan kemampuan interpersonal
skill, yaitu:
1. Mengatasi persepsi negative
karena hal ini dapat membantu kita untuk berpikir dahulu sebelum menyertakan
emosi.
2. Menerima pesan dengan baik dengan
cara mendengarkan.
3. Menekan ego pribadi, dengan cara
ini kita dapat memahami orang lain yang berbeda pendapat dengan kita dan kita
tidak boleh memaksakan kehendak.
4. Perbanyak belajar karena
pengetahuan mempunyai peran penting dalam komunikasi dan juga membangun
hubungan.
5. Memperhatikan bahasa non-verbal.
Bahasa merupakan alat yang penting dalam komunikasi. Sering terjadi kesalahan
akibat kesalahpahaman dari bahasa yang kita gunakan. Karena itu kita harus
lebih berhati-hati dalam menggunakan bahasa.
6. Memperbanyak bertemu dengan
orang-orang baru akan melatih dan mengembangkan interpersonal skill.
MANFAAT INTERPERSONAL SKILL
Penting sekali untuk kita mengembangkan interpersonal
skill karena interpersonal skill dapat terlihat dari bagaimana kita
berkomunikasi, memotivasi, memimpin, bernegosiasi, dan berprestasi dan juga
interpersonal skill dalam diri manajer mempengaruhi kinerja anggota
organisasinya. Utamanya interpersonal skill dimiliki seseorang untuk memimpin
organisasinya mendapatkan kesuksesan dan keuntungan. Namun ada juga manfaat
lain dari interpersonal skill, seperti:
1. Meningkatkan human relations
dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi.
2. Meningkatkan kemampuan menjadi
pemimpin dan dapat bekerja sama dalam tim .
3. Interpersonal skill bukan
merupakan bagian dari karakter kepribadian yang bersifat bawaan, tetapi
merupakan keterampilan yang dapat dipelajari.
4. Interpersonal skill yang baik
dapat dibangun dari kemampuan mengembangkan perilaku dan komunikasi yang
asertif (secara aktif menyatakan gagasan) dan efektif.
5. Mempunyai kesadaran bertanggung
jawab yang lebih besar untuk memperbaiki diri.
Di dunia kerja, mengembangkan interpersonal skill
sangat penting dalam membina hubungan antar atasan dengan atasan ataupun atasan
dengan bawahan karena baik secara langsung maupun tidak langsung kemampuan
manajer sangat mempengaruhi produktivitas anggotanya. Seorang manajer dituntut
untuk memiliki skill ini untuk membimbing anggota organisasi, tidak hanya untuk
membimbing namun juga mengendalikan dan menjadi penengah jikalau terjadi
konflik dalam organisasi. Kunci utama suksesnya organisasi dalam mencapai
tujuan salah satunya harus mempunyai manajer yang berkompeten dan cakap dalam
memimpin.. Tanpa adanya interpersonal skill manajer tidak dapat memimpin
anggota organisasinya dan akan terjadi perselisihan terus menerus yang akan
mengakibatkan hancurnya organisasi.
KESIMPULAN
Keterampilan interpersonal
adalah ketrampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap
dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Cara meningkatkan interpersonal skill
kita dengan mengatasi persepsi negative, menerima pesan dengan baik dengan cara
mendengarkan, menekan ego pribadi, meningkatkan knowledge, memperhatikan juga
bahasa non-verbal, memperbanyak bertemu dengan orang-orang baru, menghindari
judgement, open minded, empati, dan mengadapi konflik.
DAFTAR PUSTAKA
terimakasih blognya sngt bermanfaat
BalasHapusMy blog
Terimakasih atas blognya
BalasHapusMy blog